Minggu, 18 Juli 2010

Waspada Deman Chikunngunya.

Apa itu penyakit Chikungunya.

Penyakit Chikungunya adalah penyakit menular yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus yang mengandung virus chikungnya

Awal mula istilah penyakit Chikungunya

Pertama kali di Cuba pada tahun 1928 digunakan istilah “ Dengue” , ini dapat diartikan bahwa infeksi chikungunya sangat mirip dengan denue. Istilah Chikungunya barasal dari bahasa suku Swahili yang berarti “ orang yang jalanya membungkuk dan menekuk lututnya “. Suku ini bermukim di dataran tinggi Makonde propinsi Newala Tanzania.Istilah chikungunya juda digunakan untuk menamai virus yang pertama kali diisolasi dari serum darah penderita penyakit tersebut pada tahun 1953 saat terjadi KLB di Negara tersebut. Pada demam chikungunya adanya gejala khas dan dominant yaitu nyeri sendi.

Bagaimana Gejala penyakit Chikungunya

Gejala klinis

1. Demam

Pada fase akut selama 2-3 hari selanjutnya dan dilanjutkan dengan penurunan suhu tubuh selama 1- hari kemudian naik lagi membentuk kurva ” Sadle back fever ”. Bisa disertai menggigil dan muka kemerahan. Pada penderita mengeluh nyeri di belakang bola mata dan bisa terlihat mata kemerahan ( conjunctival injection )

2 Sakit persendian

Nyeri persendian ini sering merupakan keluhan yang pertama m uncul sebelum timbul demam. Nyeri sendi dapat ringan ( arthralgia ) sampai berat menyerupai artitis meumthoid , terutama di sendi-sendi pergelangan kaki ( dapat juga nyeri sendi tangan ) sering dikeluhkan penderita. Nyeri sendi ini merupakan gejala paling dominan, pada kasus berat terdapat tanda –tanda radang sendi yaitu kemerahan, kaku dan bengkak. Sendi yang sering dikeluhkan adalah pergelangan kaki, pergelangan tangan,siku,jari lutut dan pinggul.Pada posisi berbaring biasanya penderita miring dengan lutut tertekuk dan berusaha mengurangi dan membatasi. Artritis ini dapat betahan selama beberapa minggu ,bulan bahkan ada yang bertahan beberapa tahun sehingga mengurangi Rheumatoid Arthitis.

3 Nyero otot.

Nyeri otot ( fibromyalgia ) bisa pada seluruh otot tertama pada otot penyanggga berat badan seperti pada otot bagian leher ,daerah bahu, dan anggota gerak. Kadang- kadang terjadi pembengkakan pada otot sekitar sendi pergelangan kaki ( achilles ) atau sekitar mata kaki.

4. Bercak kemerahan ( rash ) pada kulit

Kemerahan di kulit bisa terjadi pada seluruh tubuh berbentuk makulo- papular ( viral rash ) , sentrifugal ( mengarah ke bagian anggota gerak,telapak tangan dan telapak kaki ) bercak kemerahan ini terjadi pada hari pertama demam, tetapi lebih sering muncul pada hari ke 4-5 demam. Lokasi kemerahan didaerah muka , badan ,tangan dan kaki.

5. Kejang dan penurunan kesadaran

Kejang biasanya pada anak karena demam yang terlalu tinggi, jadi kemungkinan bukan secara langsung oleh penyakitnya. Kadang-kadang kejang disertai penurunan kesadaran. Pemeriksaan cairan spinal ( cerebro spinal ) tidak ditemukan kelainan biokimia atau jumal sel.

6. Manifestasi perdarahan

Tidak ditemukan perdarahan pada awal perjalanan penyakit walaupun pernah dilaporkan di India terjadi perdarahan gusi pada 5 anak dari 70 anak yang diobservasi.

7. Gejala lain

Gejala lain yang kadang-kadang dapat timnbul adalah kolaps pembuluh darah kapiler dan pembesaran kelenjar getah bening.

Untuk menentukan seseorang menderita penyakit chikungunya atau bukan ditentukan dari hasil Laboratorium.

Kriteria kasus Deman Chikungunya.

1. Kasus tersangka

Deman mendadak yang diikuti oleh beberapa gejala berikut seperti nyeri sendi ( artralgia ) , nyeri otot, nyeri kepala , ruam ( rash) , nyeri menelan , mual ,muntah , foto fobia.

2. Kasus probabel.

Gejala-gejala yang tesebut diatas dan hasil serologi positif ( bila hanya diperoleh spesimen tunggal ), baik pada fase akut atau konvalesen.

3. Kasus Konfirm

Kasus probabel disertai salah satu dari :

a. Peningkatan titer antibadi 4 kali pada pasangan serum akut dan konvalesen.

b. Deteksi antibodi IgM positif.

c. Isolasi virus dari serum.

d. Deteksi asam nukleat virus chikungunya dari serum dengan metode RT-PCR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar